Sabtu, 17 Januari 2009

Tentang Jurusan Pendidikan Fisika UPI

Sejarah :

Sekilas Tentang Kami

Dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bagian penting dalam mengisi kemerdekaan, maka pada hari Rabu tanggal 20 Oktober 1954 PTPG didirikan. Hal ini sebagai realisasi Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 357 tanggal 2 September 1954 tentang pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru.
Ketua Jurusan dari masa ke masa
1955 - 1959 : Haryadi Supangat
1959 - 1963 : Sumitro
1963 - 1967 : Susanto Darmodjo
1967 - 1971 : Achmad A. Hinduan
1971 - 1975 : Hasyim Soedarbo
1975 - 1979 : Sidharta M. Duriat
1979 - 1983 : E. Budi Kase
1983 - 1987 : Soebaya Singalaksana
1987 - 1991 : Soebaya Singalaksana
1991 - 1995 : Roswati Mudjiarto
1995 - 1999 : Roswati Mudjiarto + Omang Wirasasmita
1999 - 2003 : Omang Wirasasmita
2003 - 2007 : Taufik Ramlan Ramalis
2007 - : Taufik Ramlan Ramalis

Visi

Menjadi Jurusan yang efisien, produktif dan unggul dalam pengembangan ilmu Fisika dan pendidikan Fisika yang bertumpu pada profesionalisme, kebebasan akademis, kerjasama, serta partisipasi civitas academica

Misi

1. Menyediakan sumber daya manusia dalam bidang Fisika dan Pendidikan Fisika untuk menunjang pembangunan
nasional.
2. Berpartisipasi dalam penelitian, pengembangan, serta penerapan ilmu Fisika dan pendidikan Fisika.
3. Menyebarkan ilmu Fisika dan pendidikan Fisika guna menunjang kesejahteraan masyarakat.

Organisasi :

Ketua Jurusan
Pasal 49 (ART UPI, 2006)
1. Bertugas melaksanakan program akademik pada tingkat jurusan yang meliputi:
a. Meningkatkan mutu akademik, penelitian, pengabdian pada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi), dan
kerja sama.
b. Pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, kesejahteraan dan pemberdayaan divisi usaha akademik,
serta fasilitas pendidikan.
c. Pembinaan kemahasiswaan, hubungan alumni, kehidupan beragama, sosial budaya, dan komunikasi.
d. Perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi.
e. Melaksanakan kegiatan penjamin mutu akademik.

Sekretaris Jurusan
2. Sekretaris jurusan bertugas membantu ketua jurusan dalam pelaksanaan administrasi akademik dan administrasi
umum.

Program Studi
Pasal 50 (ART UPI, 2006)
1. Program Studi adalah pelaksana tugas pengelolaan akademik pada tingkat program studi di jurusan yang
meliputi:
a. Kewenangan dalam melaksanakan peningkatan mutu akademik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat
pada program studi.
b. Kewenangan dalam pembinaan keilmuan, profesi, atau vokasi.
c. Melaksanakan kegiatan penjamin mutu akademik di tingkat program studi.

Budaya :

Sistim Penjaminan Mutu
Jurusan Pendidikan Fisika

Lembar Pengesahan
Pengantar
A. Visi, Misi, dan Tujuan
B. Kebijakan Mutu.
C. Target Mutu
D. Kompetensi Lulusan
E. Analisis SWOT
F. Prosedur Operasional Baku
G. Sosialisasi, Pelatihan, dan Komunikasi
Lampiran
POB RKAT
POB IKAD
POB IMAK
POB SeRab
POB Pengelolaan Keuangan
POB Kuliah
POB Praktikum
POB Ujian
POB Proposal Skripsi
POB Bimbingan Skripsi
POB Sidang Ujian
POB LPP
POB PLA

LAYANAN KEGIATAN LABORATORIUM FISIKA BAGI GURU, MAHASISWA, SISWA SMA/SMP/SD, DAN MASYARAKAT UMUM

PENDAHULUAN
Adanya pandangan yang keliru dari sebagian besar praktisi pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam tentang kegiatan laboratorium IPA yang menganggap sebagai tempat untuk membuktikan kebenaran teori IPA yang diceramahkan oleh guru di kelas, telah menjauhkan siswa dari tujuan kegiatan belajar IPA yang sebenarnya, sehingga proses dan produk IPA tidak seperti yang diharapkan. Padahal menurut pandangan yang sebenarnya, kegiatan laboratorium (praktikum) itu merupakan suatu proses pembelajaran IPA yang sebenarnya melalui pendekatan inquiry, dimana siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri melalui kegiatan mengamati, menganalisis, mengolah data, dan menarik kesimpulan.

1 komentar:

  1. Pertamazzzzz!!!
    Waw,TuaJgY!!!
    BagusMakinTuaMakinJaya!!!
    Gambarimasou!!!Jane!!!

    BalasHapus